Melihat Orang Lain dengan Kaca Mata Mereka

Oleh Achmad Siddik Thoha

Sungguh lucu….terkadang atau seringkali saya atau kita melakukan hal berikut:

Jika orang lain membutuhkan waktu lama untuk mengerjakan sesuatu, kita menyebutnya lamban. 
Namun, jika kita sendiri yang membutuhkan waktu lama untuk melakukan sesuatu, maka kita akan mengatakan:
“Aku ini orang yang teliti dan detil dalam mengerjakan sesuatu”.
Jika orang lain tidak melakukan sesuatu, kita menganggapnya pemalas. Namun jika kita yang tidak melakukannya, maka kita akan mengatakan:
“ Aku orang yang sangat sibuk, mana sempat?”
Jika orang lain mengerjakan sesuatu tanpa disuruh, dia dikatakan telah melampaui batas. Tetapi, jika kita terus saja mengerjakan sesuatu tanpa disuruh maka kita akan mengatakan  
“Aku ini orang yang penuh inisiatif dan kreatif.”
Jika orang lain mengungkapkan pendapatnya dengan tanpa basa basi, dia disebut keras kepala. Tetapi, jika kita yang menyuarakan pendapat kita dengan keras, maka kita akan mengatakan:
“Aku harus tegas dengan sebuah prinsip”.
Jika orang lain tidak sengaja mengabaikan etika, dia disebut kurang ajar. Namun bila kita yang melakukannya…… maka kita akan mengatakan:
“Tak perlu lah dibesar-besarkan.”

Sahabat…Kita tidak akan pernah sepenuhnya memahami orang lain sebelum kita melepaskan kaca mata kita dan melihat dunia melalui kaca mata orang tersebut.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar