BERMANFAAT DALAM KETERSEMBUNYIAN

Oleh Achmad Siddik Thoha

Hampir semua pohon memiliki akar yang tidak kelihatan. Akar berada di dalam tanah untuk menjalankan tugasnya sebagai pondasi. Bila pun akar harus muncul, hanya sebagian kecil saja untuk mengokohkan bagian atas pohon. Akar terus tumbuh di dalam tanah sampai akhir hayat pohon.

Akar yang tersembunyi tidak berarti sepi dari kerja.  Akar mempunyai tugas yang sangat banyak.  Akar menyerap air untuk kebutuhan bagian batang dan daun. Ia menahan tanah agar tidak terbawa air.  Ia membantu membuat kondisi yang nyaman bagi hewan tanah, jamur, bakteri dan mikroba yang berfungsi menguraikan daun, ranting dan bahan organik lain yang jatuh ke tanah.  Akar pohon juga menyimpan air dan bahan-bahan berguna bagi pohon dan manusia

Dalam ketersembunyiannya, akar menyimpan manfaat besar. Khasiat obat dari tumbuhan umumnya terdapat di akar. Bila kita ingin mencari air di hutan carilah dekat akar atau di akar itu sendiri. Tanpa akar, maka penyaluran nutrisi dan air ke seluruh tubuh tumbuhan tidak akan terjadi. Banyak akar memiliki arsitektur yang sangat tinggi nilai seninya.

Akar ada di tempat terpendam. Sering kita terkesima dengan bunga, buah, batang dan daun. Namun kita sering melupakan akar yg penuh manfaat dan penting. Akar sering tak terlihat atau tidak ingin terlihat.

Mengamati akar seperti halnya mengamati kehidupan kita sebagai manusia. Manusia memiliki kesuksesannya masing-masing. Dan kita sering melihat kesuksesan orang lain hanya dari luarnya saja. Kesuksesan kerja sering dilihat dari sesuatu yang terlihat baik pada pribadi maupun organisasi. Kesuksesan pemerintahan sering hanya dilihat oleh siapa kepala daerahnya. Prestasi lembaga dinilai dari siapa ketua umumnya. Keuntungan perusahaan banyak ditujukan pada direkturnya. Atau kecermelangan pribadi dianggap sebagai kontribusi dari gelar dan pengalaman. Seseorang yang berada di garda depanlah yang akan mendapatkan sebutan sebagai orang yang suskes. Seseorang yang memang ’terlihat’.

Namun terkadang kita sering lupa bahwa dibalik kesuksesan diri dan kelompok ada peran serta orang lain yang tersembunyi.  Dibalik kesuksesan pemerintahan, ada pegawai bawahan yang bekerja pontang panting. Dibelakang prestasi organisasi disokong oleh para sukarelawan dan donatur kecil yang berkomitmen membantu. Keuntungan perusahaan adalah sumbangan dari sales-sales dan orang lapangan yang siang malam menjual produk. Kecemerlangan pribadi didukung peran orangtua, istri, anak, guru dan sahabat yang memberikan motivasi. Itulah mereka yang ’tersembunyi’.

Mereka yang berada dibalik kesuksesan dan  tidak tampil di permukaan itulah sebenarnya sang akar-akar kesuksesan.  Banyak akar-akar kesuksesan tidak mau tampil dan ’terlihat’ bahkan  ada yang sengaja menyembunyikan diri.

Sungguh mulia manusia yang mengakar. Ia bersembunyi dan tidak bernafsu menonjolkan diri karena jasanya. Ia lebih memilih terpendam untuk menjadi bermanfaat. Seperti akar. Tak terlihat, sering tak dianggap namun justru memberikan tetes demi tetes kesuksesan lebih besar.  
                                                                          

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar