Sambutan Ketua Himmpas IPB pada Musyawarah Kerja Himmpas IPB 2011


Jumat, 22 April 2011 di Aula Asma Masjid Al Huriyah IPB Darmaga Bogor.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Bada Tahmid dan Shalawat.

Pagi yang cerah dan berbahagia ini, kita panjatkan syukur terbaik pada Allah SWT yang telah merekatkan shilaturahim, menjalin potensi terbaik dari orang beriman di Pascasarjana IPB dan membangun sinergi untuk memuliakan Islam sebagai Agama Rahmatan Lil ‘Alamin.

Kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas kehadiran Bapak Dekan Sekolah Pascasarjana IPB. Kehadiran Bapak merupakan sejarah tersendiri bagi Himmpas IPB dimana pada masa sebelumnya tidak ada partisipasi langsung dari pimpinan SPs IPB.  Dihaturkan terima kasih kepada Ketua DKM Al Hurriyah, sebagai lembaga yang bersedia memayungi kami dan para Pembina Himmpas IPB yang terus memotivasi kami untuk terus bekerja secara lebih baik. Ucapan terima kasih juga kepada Ketua Forum Mahasiswa Pascasarjana (Forum Wacana) IPB yang bisa hadir dan akan menjadi mitra strategis kami dalam pembinaan mahasiswa. Kepada rekan-rekan dari Ketua Lembaga Dakwah Kampus Alhurriyah IPB dan para Ketua Lembaga Dakwah Fakutas di seluruh IPB, insya Allah ini merupakan awal yang sangat penting untuk bersinergi meluaskan nilai kebaikan dan kemanfaatan bagi Kampus Tercinta ini. Tak lupa kepada seluruh Pengurus Himmpas IPB, pejuang Himmpas IPB, yang tak kenal lelah melakukan Syuting (Syuro Penting) secara maraton untuk mempersiapkan Musyawarah Kerja (Muker) ini.

Hadirin yang dirahmati Allah SWT

Sebagai perkenalan,  Himmpas IPB merupakan singkatan dari Himpunan Mahasiswa Muslim Pascasarjana Institut Pertanian Bogor. Himmpas IPB yang didirikan sejak 1 April 2002 dan kini berusia 9 (sembilan) tahun merupakan salah satu organisasi mahasiswa di lingkungan Sekoah Pascasarjana (SPs) IPB yang terus berusaha berperan mendorong lahirnya lulusan SPs IPB yang memiliki integritas moral, keilmuan maupun kepekaan sosial yang tinggi. Himmpas IPB juga berupaya menjadi wadah shilaturahim, merekat persaudaraan, berbagi ilmu dan pengalaman serta mesinergikan potensi mahasiswa Pascasarjana IPB untuk menyemai aktivitas positif dan menebar manfaat bagi anggotanya.

Himmpas IPB memiliki Visi yaitu terwujudnya Sumberdaya Manusia (SDM) yang profesional dan mampu berpikir secara kritis menuju terwujudnya kepemimpinan dan intelektual muslim yang berakhlak islami. Melalui visi itu, Himmpas IPB berusaha merancang dan menjalankan program agar mahasiswa muslim menjadi sosok teladan yang bisa menjadi rujukan dalam studi dan kehidupan sosial. Kami menginginkan bahwa aktifis Himmpas IPB, baik pengurus maupun anggotanya, bisa menjadi rujukan dalam studi dengan memiliki IPK (Indeks Prestasi Kumulatif)  yang tinggi, masa studi yang relatif cepat dan penelitian yang bermanfaat. Selain itu, aktifis Himmpas IPB  kami dorong juga untuk menjadi penggerak dalam upaya mencari solusi permasalahan baik di lingkungan kampus maupun di luar kampus IPB.

Hadirin yang dirahmati Allah SWT

Harapan Himmpas IPB yang besar ini, bisa terwujud dengan dukungan dan kerja sama berbagai potensi baik itu SDM, pendanaan, kebijakan Sekolah Pascasatrjana maupun jejaring organisasi kemahasiswaan di kampus IPB yang memiliki Visi dan Misi yang sama. Selama ini Himmpas digerakkan oleh SDM yang memiliki keterbatasan ruang dan gerak serta dana yang minim. Kami bergerak mengisi waktu-waktu dimana sebagian besar mahasiswa berlibur, bersantai dengan keluarga, mempertajam kualitas bacaan dan tugas kuliah atau menyempurnakan tugas akhir. Dana kami, kami sisihkan dari usaha kecil dan kantong sendiri. Kas kami adalah dari kantong kami sendiri. Alhamdulillah, atas pertolongan Allah, Sampai saat ini aktifis Himmpas IPB tidak ada yang bermasalah. Kami masih bisa eksis dan terus bekerja untuk meraih mimpi kami. Bekerja karena Allah untuk IPB yang slealu mencari dan memberi yang terbaik.

Musyawarah Kerja ini merupakan momentum yang sangat penting bagi kami untuk bergerak secara terorganisir dan mengajak elemen potensi dakwah di kampus ini bersama-sama mewujudkan visi bersama. Kehadiran Bapak dan rekan sekalian membuat kami semakin bersemangat untuk bekerja. Pada Muker Himmpas IPB 2011 ini, panitia juga memberi layanan bagi peningkatan kapasitas pengurus untuk bekerja secara professional dalam berdakwah melalui training Marketing Dakwah. Diharapkan training ini tidak hanya bermanfaat saat pesertanya menjadi pengurus Himmpas namun bisa juga berguna meningkatkan nilai secara pribadi. Setelah program kerja yang dirancang disepakati dalam Muker ini, Allah kami sudah memiliki panduan tertulis dalam bekerja dan menuliskan apa yang telah dikerjakan. Di akhir Muker ini, kami juga akan membuat rekomendasi yang berisi himbauan dan penyikapan terhadap kondisi dan permasalahan khususnya di lingkungan Mahasiswa SPs IPB.

Hadirin yang dirahmati Allah SWT

Pada kesempatan yang berbahagia ini, sengaja kami mengundang berbagai elemen baik pihak Dekanat, Para Dosen, Perwakilan Organisasi Mahasiswa Pascasarjana dan mahasiswa S1 untuk nantinya bisa berjamaah untuk mendukung terwujudnya SDM yang berkualitas dan memiliki integritas moral yang tinggi. Semoga ini merupakan pertemuan yang diberkahi oleh Allah karena keberkahan ada dalam jamaah. Keberkahan Alah turun pada golongan orang-orang yang saling bersinergi, berkoordinasi dan berkolaborasi. Sebaliknya Allah akan memberi fitnah dan kerugian yang besar pada golongan orang yang tidak peduli, saling melemahkan, mencari kelemahan dan tidak menghargai kontribusi.
Semoga Allah memudahkan dan meridlai langkah kita.

Walahu’alam bishshowab
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar